Penyebab Rambut Lepek dan Berminyak

Rambut lepek dapat terjadi karena berbagai macam pengaruh terutama kelenjar minyak yang terlalu aktif. Ketika rambut berminyak sehingga membuat rambut lebih lepek. Berikut merupakan faktor lain yang menjadi penyebab rambut menjadi lepek.

 

  1. Cuaca Panas

Sumber : kompas.com

 

Cuaca atau iklim yang panas dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit kepala. Hal ini juga sering terjadi karena radikal bebas seperti sinar matahari dan polusi udara. Meningkatnya produksi minyak ini yang menyebabkan rambut menjadi cepat lepek. Tidak hanya itu cuaca yang panas juga dapat menghasilkan keringat yang membantu persebaran minyak ke seluruh permukaan rambut.

 

2. Sering Di Sisir

Sumber : liputan6.com

 

Ternyata ketika rambut di sisir dapat membuat kelenjar minyak malah memproduksi lebih banyak minyak. Kebiasaan ini harus dihindari karena semakin banyak minyak yang diproduksi maka semakin cepat rambut akan lepek.

 

3. Air Panas

Sumber : merdeka.com

 

Sama halnya dengan cuaca yang panas. Kelenjar minyak dapat memproduksi minyak yang berlebih. Pasalnya ketika menggunakan air panas minyak alami yang ada pada rambut dapat dengan mudah tersingkirkan, sehingga kelenjar minyak secara terus – menerus memproduksi minyak agar dengan tujuan agar menjaga kelembapan. Minyak berlebih ini menjadi penyebab rambut menjadi lepek.

 

4. Salah Perawatan Rambut

Sumber : liputan6.com

 

Memilih produk perawatan yang tidak sesuai dapat membuat kelemapan pada rambut t terganggu sehingga rambut akan lebih cepat lepek. Oleh karena itu memilih perawatan rambut yang  sesuai dengan tipe rambut sangat penting. Pilihlah perawatan rambut yang dapat menjaga kelembapan rambut.

 

5. Jarang Keramas

Sumber : hellosehat.com

 

Ketika kurang melakukan perawatan pada rambut dapat menyebabkan penumpukan minyak pada rambut. Minyak ini menjadi salah satu penyebab rambut mudah lepek dan sangat berminyak.

 

Sumber

15 Penyebab Rambut Lepek yang Tak Disadari dan Solusinya (allthingshair.com)

Kenali Penyebab Rambut Lepek Dan Cara Mengatasinya | Pantene ID

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Website Developed by Joglo IT Center