Rambut Ubanan Ini Penyebabnya

Rambut menjadi ubanan merupakan salah satu penyebab rusaknya penampilan. Oleh karena itu perlu mengetahui apa saja penyebab. Berikut merupakan penyebab rambut menjadi beruban yang harus kamu hindari.

 

  1. Kurang Vitamin

Sumber : health.kompas.com

 

Kurangnya mengonsumsi beberapa jenis vitamin tertentu seperi D3 dan B12 dapat membuat rambut menjadi berwarna kulit. Oleh karena itu seringkali mengkonsumsi baik makanan maupun minuman yang mengandung kedua vitamin tersebut dan juga zat besi.

 

2. Kondisi Medis

Sumber : klikdokter.com

 

Biasanya orang yang memiliki penyakit seperti auto imun memiliki rambut yang beruban. Tidak hanya itu akibat dari penyakiti auto imun ini membuat sel yang memberikan warna pada rambut atau melanin ini hasil produksinya tidak mencukupi unruk mewarnai rambut, sehingga rambut menjadi ubanan.

 

3. Stress Oksidatif

Sumber : klikdokter.com

 

Ketika mengalami stress oksidatif dapat mengalami kerusakan atau ketidakseimbangan pigmen kulit akibat dari rusaknya sel. Pigmen ini juga dapat mempengaruhi rambut sehingga menjadi warna putih. Warna putih ini diakibatkan oleh sel melanin yang berfungsi untuk memberikan warna pada beberapa anggota bagian tubuh dan salah satunya adalah rambut.

 

4. Warna Rambut

Sumber : garnier.co.id

 

Kandungan kimia yang terdapat pada pewarna rambut dapat menyebabkan ubanan. Kandungan berbahaya pada produk pewarnaan rambut ini biasanya memiliki kemampuan yang dapat menghilangkan kadar melanin dalam rambut sehingga dapat mempercepat rambut menjadi ubanan.

 

5. Merokok

Sumber : alodokter.com

 

Sering merokok dapat mempercepat rambut menjadi ubanan. Hal ini akibat dari asap yang dihasilkan ataupun zat – zat yang ada pada rokok termasuk ke dalam radikal bebas sehingga dapat merusak melanin yang bertujuan untuk mewarnai beberapa anggota tubuh.

 

Sumber

Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda, Ini 7 Faktor Utamanya (idntimes.com)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Website Developed by Joglo IT Center