Hindari Produk Kecantikan Yang Mengandung Zat Ini !

Dalam memilih produk kecantikan harus selalu memperhatikan bahan maupun komposisi yang digunakan untuk membuat makeup atau produk kecantikan lainnya serta harus teliti dalam memilih produk kecantikan dan harus memastika produk tersebut lolos uji coba. Hal ini karena makeup atau produk kecantikan lainnya dapat mengandung bahan utama yang berbahaya bagi kulit sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Tidak hanya itu bahan berbahaya tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan permanen pada bagian – bagian anggota tubuh lainnya. Berikut merupakan bahan – bahan berbahaya yang ada pada makeup.

 

  1. Merkuri

Sumber : republika.co.id

 

Kosmetik yang mengandung merkuri akan sangat berbahaya. Hal ini karena merkuri bersifat racun pada kulit. Kandungan ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulitm saraf, otak, ginjal dan masih banyak lagi gangguan – gangguan lainnya secara permanen bahkan dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu pastikan kosmetik tidak mengandung merkuri biasanya terdapat pada eye shadow, perona wajah, bedan dan krim pemutih kulit.

 

2. Hidroquinon

Sumber : hot.liputan6.com

 

Menggunakan bahan ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Penggunaan hidroquinin dapat menyebabkan kulit menjadi berwarna kehitaman penyakit ini tidak dapat diobati. Tidak hanya itu kulit beresiko terkena leukoderma yang menyababkan kulit menjadi pucat serta tidak beraturan dan meningkatkan resiko terkena kanker. Namun penggunaan kandungan ini dapat digunakan untuk produk kecantikan hanya boleh 2%, jika lebih dari itu maka dapat merusak kulit.

 

3. Rhodamin

Sumber : psychologymania.com

 

Kandungan ini biasanya digunakan untuk mewarnai kertas atau termasuk teksti dan tinta. Menggunakan kosmetik maupun produk kecantikan yang mengandung rhodamin dapat meningkatkan resiko terkenannya kangker.

 

4. Resorsinol

Sumber : lifepack.id

 

Resorsinol merupakan kandungan berbahaya. Penggunaan resorsinol ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menurunkan sistem imun. Tidak hanya itu kandungan ini juga dapat menggangu pernafasan, tenggorokan, jantung dan masih banyak lagi.

 

5. Timbal

Sumber : doktersehat.com

 

Kandungan ini biasanya terdapat pada lipstik, bedak tabur, body lotion dan masih banyak lagi. Timbal ini dapat digunakan pada kosmetik namun dibatasi. Jika makeup memiliki kandungan ini namun dosis nya tidak sesuai maka dapat menyebabkan kerusakan otak, sistem saraf, anemia dan masih banyak lagi.

 

Sumber

Viva Health | Artikel Kesehatan – Bahan Kosmetik Berbahaya

Waspadai Berbagai Bahan Kosmetik Berbahaya – Alodokter

Ini Nama-nama Bahan Berbahaya yang Sering Ada dalam Kosmetik! (suara.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Website Developed by Joglo IT Center